3 Sumber Traffic Untuk Bisnis

3 Sumber TrafficUntuk Bisnis


Selah satu bagian paling penting dalam dunia bisnis online adalah traffic atau pengunjung. Dengan mampu mendatangkan traffick sebanyak-banyaknya ke toko online kita, seharusnya sebagaian besar masalah bisnis online sudah hampir selesai. Traffic ibarat nyawanya bisnis online.

Dari sumber datangnya traffic , traffick sendiri dapat dibedakan menjadi 3, yaitu:
1. Traffic yang tidak dapat dikendalikan
2. Traffic yang dapat dikendalikan
3. Traffic yang kita miliki sendiri

3. Traffic yang kita miliki sendiri


Traffick jenis ini adalah traffick yang paling menghasilkan dalam dunia bisnis online. Yang paling gampang dari jenis traffic ini adalah database alamat email.

Katakalah kita memiliki 10.000 alamat email pelanggan dan ingin mendatangkan pelanggan ke website, jika CTR kita 10% saja kita sudah dapat mendatangkan 1000 orang ke website kita.

Yang paling penting data dari traffick ini adalah milik kita. Jadi meskipun algoritma googel atau sosial media berubah data yang kita miliki tetap sama. Atau seandainya akun facebook kita diblokir sekalipun kita tetap memiliki data pelanggan kita.



2. Traffic yang dapat dikendalikan


Jenis traffic ini pada umunya berbayar. Contoh: FBAds, ADWORD, Pay Per Click (PPC) dan traffic-traffik berbayar lainnya.
Misalkan kita ingin mendatangkan 1000 orang ke website kita, maka tiggal bayar layanan Facebook, AdWord atau layanan lainnya.
Tapi kekurangannya adalah semakin banyak traffic yang ingin kita datangkan semakin banyak pula uang yang harus dikeluarkan.

Catatan: jangan beriklan tampa tahu caranya. Baca artikel berikut untuk lebih jelasnya agar biaya iklan kita tidak terbuang sia-sia: 
- Tahap-tahap Funneling dan Copywritingnya 
- Customer Persona Dalam Bisnis Online
-  Traffic Temperatur Dalam Bisnis Online

Selain media berbayar diatas, kita juga dapat memanfaatkan Affiliate, reseller, atau dropshiper.

1. Traffic yang tidak dapat dikendalikan


Traffic jenis ini adalah jenis traffic yang sulit diukur. Contohnya SEO, Interview dari Tv atau radio, sharing di sosial media, Content Marketing.

Jenis traffic ini kebayakan gratis.

Endorse adalah salah satu jenis traffic yang tidak dapat dikendlikan namun berbayar. Endorse biasanya akan dibayar per jumlah postingan atau berdasarkan jumlah followernya. Dan mereka tidak akan tahu berapa jumlah orang yang menklick dari postingan yang mereka buat, jadi disini kita harus sangat berhati-hati untuk mengeluarkanbiaya untuk menyewa endorse.




Demikianlah ketiga jenis sumber datangnya traffic ke website kita. Manfaatkanlah ketiga jenis sumber datangnya traffic ini dengan sebaik-baiknya untuk melejitkan bisnis kita.
Paling bagus adalah bagaimana kita mengelola database pelanggan. Jadi bagaimana kita mengarahkan traffick yang tidak dapat dikendalikan dan yang datap dikendalikan menjadi traffic milik sendiri dengan cara menjaring data base. Hal ini perlu dilakukan, karena traffick yang dapat dikendalikan dan yang tidak dapat dikendalikan bisa hilang kapan saja.

LihatTutupKomentar