Cara Mudah Membangun List Building Email Marketing

Cara Mudah Membangun List Building Email Marketing


List Building adalah daftar list pelanggan atau calon pelanggan yang dapat menjadi asset kita sebagai pebisnis online. Salah satu data dalam membangun list pelanggan adalah email.
Email adalah salah satu saluran pemasaran dalam bisnis online dengan tingkat konversi tertinggi. Email adalah asset digital yang paling fleksibel selain facebook pixel. Oleh sebab itu membangun List Building dengan email merupakan salah satu cara memperbesar saluran distribusi pemasaran dalam upaya mencapai profit lebih tinggi.


Membangun List Building Email tidaklah mudah sebab tidak semua orang mau memberikan alamat emailnya.
Meskipun sudah menjalankan campaign untuk menjaring data email, namun terkadang sangat sulit untuk membuat pelanggan atau calon pelanggan mau memberikan alamat emailnya. Akibatnya database yang dikumpulkan masih terlalu kecil untuk dapat meningkatkan profit bisnis.
Lalu apa yang dapat dilakukan ?

Bagaimana layanan email marketing bekerja?,

Kurang lebih ada 2 metode paling umum dalam layanan email marketing yaitu

1. Single opt-in -- > Cukup masukan alamat email tampa perlu pemilik email melakukan konvirmasi
2. Double opt-in -- > Pemilik email perlu untuk melakukan konfirmasi

Email = tanda kepercayaan
Saat sesorang mau memberikan alamat emailnya kepada kita artinya ia sudah mulai percaya kepada kita atau mau mengenal lebih dalam tentang kita. Disinilah tugas kita untuk terus menggiring dia sampai akhirnya ia mau menjadi pembeli.
Ibaratnya…….
Kalau gebetan = sudah mau di ajak kenalan
Walaupun belum tentu ia mau memberi nomor handphone atau lainnya, namun intinya ia mulai mau membuka diri

Bagaimana caranya membuat orang lain memberikan alamat emailnya ke kita?
Berikanlah alasan kenapa orang mau memberikan emailnya.
Berikut Beberapa alasan yang dapat diberikan agar orang mau member alamat emailnya kepada kita.

* Produk Penetrasi


Salah satu alasan orang mau memberikan alamat emailnya adalah dengan menggunakan produk penetrasi atau lead magnet. Beberapa contoh produk penetrasi adalah:
- Webinar
- eBook
- Aplikasi, Plugin, tools, dll

Namun katakanlah kita terlalu sibuk untuk membuat produk penetrasi, adakah cara lain untuk mengumpulkan alamat email selain dengan produk penetrasi?, Mungkin berikut beberapa caranya….

a. Pakai produk penetrasi orang lain, tapi bukan kita copas

Contoh paling gampang misalkan kita menemukan amplikasi yang bagus, maka kita dapat menggunakan itu sebagai produk penetrasi (sekalipun amplikasi-amplikasi ini dapat ditemukan secara gratis namun tidak semua orang tahu). Jadi setiap yang subscribe, kita arahkan ke halaman produk orang lain secara langsung (di thank you page)

Catatan: jangan copypaste arahkan saja orang ke halaman penyedia amplikasi tersebut, sehingga disini kita tetap mendapatkan email dan penyedia amplikasi tetap dapat traffic.



b. Cari artikel paling popular yang kita miliki, -- > lihat statistik blog yang ingin diambil

Jika kita memiliki blog kita dapat menggunakan artikel terpopulernya untuk dijadikan produk penetrasi. Bagaimana jika tidak punya blog?, jika tidak punya blog gunakan blog orang lain arahkan saja mereka yang memberi alamat emailnya ke alamat postingan terpopuler yang dijanjikan, dengan cara demikian kita akan menghemat waktu ketimbang harus menyusun sendiri emailnya (jangan copypaste).




* Masalah Landing Page


Salah satu masalah yang sering dihadapi oleh orang yang ingin memulai email marketing adalah karena ia tidak memiliki Landing Page atau halaman dimana orang dapat menempatkan alamat emailnya. Lalu bagaimana cara menatasi masalah ini tampa harus susah-susah membuat Landing Page?,

Berikut cara yang dapat diikuti:

- Content Upgrade

Jadi dalam email marketing kita dapat memanfaatkan Content orang lain atau Content kita sendiri atau Content orang lain + Cotent kita untuk mendapatkan alamat emilnya.

Contohnya dapat dilihat pada gambar berikut:

Perhatikan gambar diatas Content asli atau yang ditampilkan adalah “How Teens Can Become Millionaires” sedangkan Content Upgradenya adalah “5 Hal Yang Harus Anda Lakukan Jika Omset Bisnis Anda Belum Mencapai 100 Juta”.

Catatan: Persyaratan utama untuk mendapatkan banyak email pelanggan dari Content Upgrade adalah Tema content asli harus sesuai dengan tema Content Upgrade.

Salah satu fitur yang dapat dimanfaatkan untuk membuat formulir pendaftaran content upgrade adalah Pinclick.co.

Yang paling penting dari semua bagian content upgrade adalah Headline.
Headline adalah 80% content.
Headline content upgrade harus sangat nendang,
Content upgradenya harus spesifik.
Content Asli boleh General / umum yang penting masih terkait dengan Content Upgrade.



Demikianlah artikel tentang “Cara Mudah membangun List Building Email Marketing”. Email adalah salah satu asset untuk membangun bisnis online dan tetap terhubun dengan konsumen. Semakin besar jumlah database email yang kita miliki semakin besar pula kemungkinan terjadi penjualan sebuah barang. Kita dapat menggunakan salah satu layanan email marketing berikut untuk mulai menjaring database email pelanggan……
Mulai Membangun Database Dengan layanan Email Marketing Terpercaya Ini
LihatTutupKomentar